Kevin Rudd


Perdana Menteri Australia ke-26

Kevin Rudd,  November 2005
----------
Kevin Michael Rudd (lahir di Nambour, Queensland, Australia, 21 September 1957 ) adalah seorang politikus Australia. Dia bertugas sebagai Perdana Menteri Australia dan pemimpin federal Partai Buruh Australia (Australian Labor Party / ALP) sejak 3 Desember 2007 hingga 24 Juni 2010. Ia adalah anggota Australian House of Representatives sejak 1998 yang mewakili daerah pemilihan Griffith di Queensland. Pada pemerintahan Perdana Menteri Julia Gillard, ia menduduki jabatan sebagai Menteri Luar Negeri Australia dari 14 September 2010, namun pada tanggal 22 Februari 2012,secara mendadak ia mengundurkan diri dari jabatannya. Kevin Rudd
menyampaikan pengunduran dirinya melalui konferensi pers di Washington DC, Amerika Serikat. Alasan pengunduran diri ini, karena ia merasa tidak lagi mendapat dukungan dan kepercayaan dari Perdana Menteri Julia Gillard. Beberapa media berspekulasi bahwa alasannya mundur adalah untuk bersiap merebut kepemimpin Partai Buruh dari Julia Gillard dan sekaligus menjadi Perdana Menteri Australia kembali.

Pada 4 Desember 2006, para politisi pusat memilihnya sebagai Ketua Partai Buruh Australia. Dengan suara 49:39, ia mengalahkan ketua sebelumnya, Kim Beazley. Dengan kemenangan ini, ia berhak menantang Perdana Menteri John Howard dari konservatif pada pemilu tahun 2007. Ia menjadi pemimpin keenam ALP yang dihadapi Howard dalam 10 tahun sejak koalisi partai konservatif menguasai pemerintahan. ALP menang dalam pemilu tersebut dan Rudd menjadi perdana menteri. Sebelum terpilih sebagai Ketua ALP, ia dikenal sebagai seorang diplomat. Ia pernah bertugas di Stockholm dan Beijing. Rudd yang fasih berbahasa Mandarin juga pernah terpilih sebagai anggota parlemen pusat pada tahun 1988. Rudd pernah berkuliah di Universitas Nasional Australia yang terletak di ibukota Australia, Canberra. Selama masa kuliahnya di sana ia tinggal di sebuah asrama tradisional (Burgmann College) dan tamat dengan Tandajasa Kelas Pertama di bidang Ilmu Budaya (Kajian Asia). Jurusan utama Rudd adalah Bahasa Tionghoa serta Sejarah Cina. Pada waktu itu, iapun mulai belajar dan menguasai bahasa Mandarin yang baku sekaligus memperoleh sebuah nama Cina, yaitu Lù Kèwén (Hanzi tradisional: 陸克文 atau dalam Hanzi sederhana: 陆克文). Marga Cina Rudd (Lù ) berdasarkan suara fonetik marganya 'Rudd' (sebab kedua nama tersebut memiliki huruf hidup 'U' serta huruf mati awal yang pengucapannya cukup mirip dalam banyak bahasa asing, yakni 'R/L'). Walaupun nama Cinanya (Kèwén 克文) secara dekat menyerupai alih aksara resmi nama barat 'Kevin' dalam bahasa Mandarin (Kǎiwén 凯文), namun nama ini juga merupakan nama Cina yang asli pula. Sasterakanta (tesis) Rudd yang mengenai aktivis demokrasi Cina terkemuka Wei Jingsheng ditulis dengan pengawasan dari Pierre Ryckmans (seorang ahli ilmu kebudayaan Cina ulung yang berketurunan Belgia-Australia). Untuk mencari uang tambahan sewaktu ia masih kuliah, Rudd membersihkan rumah seorang juru ulas politik Australia (Laurie Oakes). Pada tahun 1980, kuliahnya di bindang kajian Cina dilanjutkan di luar negeri, di Universitas Sekolah Guru Taiwan Nasional yang terletak di ibukota Taiwan, Taipei.